PREAHVIHEARHOTEL –┬áTape ketan hitam adalah salah satu hasil fermentasi tradisional yang tidak hanya lezat tapi juga menyehatkan. Tape ini dibuat dari beras ketan hitam yang difermentasikan menggunakan ragi. Proses fermentasi tidak hanya mengubah rasa beras menjadi manis dan sedikit beralkohol, tetapi juga meningkatkan kandungan nutrisi dan membuatnya lebih mudah dicerna. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tape ketan hitam di rumah.

Bahan yang Diperlukan:

  • Beras ketan hitam: 500 gram
  • Ragi tape: 1 sendok teh (dihaluskan)
  • Air bersih secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan Tape Ketan Hitam:

Persiapan Bahan:

  1. Cuci Ketan: Cuci beras ketan hitam hingga air cucian menjadi jernih. Ini akan menghilangkan kotoran dan zat-zat yang tidak diinginkan.
  2. Rendam Ketan: Rendam beras ketan hitam dalam air bersih selama kurang lebih 8 jam atau semalam. Ini membuat beras lebih empuk dan mempersingkat waktu pemasakan.
  3. Kukus Ketan: Setelah direndam, tiriskan dan kukus ketan hingga matang. Biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit. Pastikan ketan matang merata dan memiliki tekstur yang lembut.

Proses Fermentasi:

  1. Dinginkan Ketan: Setelah ketan matang, sebarkan di atas nampan untuk mendinginkannya hingga suhu kamar. Penting untuk memastikan bahwa ketan tidak lagi panas sebelum menambahkan ragi.
  2. Taburkan Ragi: Haluskan ragi tape, lalu taburkan secara merata ke atas ketan yang telah dingin. Aduk hingga ragi tercampur rata.
  3. Fermentasi: Masukkan ketan yang telah dicampur ragi ke dalam wadah yang bersih dan tutup rapat. Wadah yang biasa digunakan bisa berupa toples plastik atau wadah fermentasi khusus dengan tutup yang kedap udara.
  4. Inkubasi: Simpan wadah pada suhu ruangan yang konstan dan terhindar dari sinar langsung matahari. Biarkan ketan fermentasi selama 2-3 hari. Durasi fermentasi bisa berbeda-beda tergantung pada suhu ruangan dan keaktifan ragi.

Setelah Fermentasi:

  1. Cek Kondisi Tape: Setelah periode fermentasi, cek apakah tape sudah matang. Tape yang sudah siap biasanya memiliki aroma khas fermentasi dan rasa manis. Jika belum, Anda bisa membiarkannya fermentasi satu atau dua hari lagi.
  2. Penyimpanan: Tape ketan hitam yang sudah matang dapat disimpan dalam lemari es untuk memperlambat proses fermentasi lebih lanjut dan menjaga kesegarannya.

Manfaat Tape Ketan Hitam:

  • Serat: Beras ketan hitam kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.
  • Antioksidan: Kandungan antosianin dalam ketan hitam berfungsi sebagai antioksidan.
  • Energi: Tape menyediakan energi dari karbohidrat yang telah terfermentasi.

Kesimpulan:

Membuat tape ketan hitam merupakan cara yang baik untuk mengenal proses fermentasi tradisional sambil mendapatkan manfaat kesehatannya. Tape yang telah jadi bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lain. Selamat mencoba dan menikmati tape ketan hitam buatan Anda sendiri!